A.
Mengapa
dan Apa IMK?
Pada kali ini saya ingin membahas tentang IMK yang
kependekan dari Interaksi Manusia Dan Komputer.Mungkin masih banyak yg belum
tau apa itu IMK,mungkin tulisan ini bias membantu sedikit buat anda.
Dalam
Lingkup IMK, Interaksi adalah komunikasi antara user dengan computer
secara langsung maupun tidak langsung dimana komunikasi langsung melibatkan
dialog dengan umpan balik (Feedback) dan kontrol selama pelaksanaan tugas atau
kerja sedangkan kalau komunikasi tidak langsung dapat berupa background process
atau proses batch.
Sedangkan, User/Manusia adalah
manusia individu, manusia yang berkelompok dalam bekerja sama atau sekumpulan
manusia dalam suatu organisasiyang menghadapi sebagian dari tugas atau proses
dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebutdengan menggunakan
teknologi.
Dan Komputer adalah
Teknologi dari desktop sampai system komputer besar, system pengontrolan proses
atau system embedded yang dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang.
Konsep dasar Interaksi
Manusia dan Komputer
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya).
Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai(user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya).
Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai(user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
B.
Siapa
saja yang terlibat dalam IMK
IMK
merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Designer
sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai bidang seperti
:
1. Psikologi
dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2. Ergonomi
yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
3. Sosiologi
yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4. Ilmu
komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
5. Bisnis
yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6. Desain
grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai
interface.
7. Technical
writing agar mampu membuat manual.
8. Dan
lain-lain.
C.
Konsep
Dasar
Kerja komputer pada dasarnya adalah masukan
(input), proses (process), keluaran (output). Komputer diberikan data masukan,
yang biasanya berupa angka maupun deretan karakter, yang kemudian akan diolah
(diproses) oleh komputer menjadi keluaran yang diinginkan atau diharapkan
penggguna. Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan
interaksi dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu. Cara umum yang
digunakan adalah bahwa pengguna memberikan suatu perintah kepada komputer, dan
komputer menanggapinya dengan mencetak atau menuliskan tanggapan itu pada layar
tampilan.
Secara umum ada 4 (empat) langkah dalam siklus interaktif, masing-masing dihubungkan ke perubahan antar komponen.
Secara umum ada 4 (empat) langkah dalam siklus interaktif, masing-masing dihubungkan ke perubahan antar komponen.
Beberapa
cara lain user berkomunikasi dengan sistem, salah satunya adalah batch, yaitu
user menyiapkan semua informasi ke komputer dengan meninggalkan mesin untuk
menyelesaikan tugas (tidak mendukung banyak tugas). Hal yang berbeda adalah
direct manipulation dan Virtual Reality, user secara teratur disiapkan dengan instruksi
dan menerima feedback (interaktif).
The Human (Manusia = User)
Terbatas dalam kapasitas memproses informasi; implikasi untuk desain
Informasi pada manusia
• Diterima dan direspon melalui saluran (channel) input/output
• Disimpan di memory
• Diproses dan diaplikasikan
The Human (Manusia = User)
Terbatas dalam kapasitas memproses informasi; implikasi untuk desain
Informasi pada manusia
• Diterima dan direspon melalui saluran (channel) input/output
• Disimpan di memory
• Diproses dan diaplikasikan
Komputer
Terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user
Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks gambar, dan memilih obyek pada layar
Perlatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara
Output dan input dalam bentuk kertas
Terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user
Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks gambar, dan memilih obyek pada layar
Perlatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara
Output dan input dalam bentuk kertas
Interaksi
Model interaksi membantu untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan system. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan system
Ergonomic mencakup karakter fisik interaksi
Dialog antara user dalam system dipengaruhi oleh gaya interaksi
Interaksi terjadi pada konteks social dan organisasi mempengaruhi user dan system.
Model interaksi membantu untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan system. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan system
Ergonomic mencakup karakter fisik interaksi
Dialog antara user dalam system dipengaruhi oleh gaya interaksi
Interaksi terjadi pada konteks social dan organisasi mempengaruhi user dan system.
Kesimpulan :
Jadi,
kesimpulannya dari IMK adalah suatu sistem interaksi/interface yang
secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user (Perpaduan seni
dan sains secara menyeluruh). Mekanisme interaksi antara user dengan paket word
processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkkan
untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut.IMK melibatkan
desain, implementasi dan evaluasi system interaktif dalam konteks tugas dan
pekerjaan user.
0 komentar:
Posting Komentar